BARU : Cara Cek Posisi Artikel di SERP Google

BARU - CARA CEK POSISI ARTIKEL DI SERP GOOGLE

CARA CEK POSISI ARTIKEL DI SERP GOOGLE
2016 MASTAH PEDIA - Sebelum mengetahui artikel tentang "Cara Menaikan atau Meningkatkan Posisi Artikel Blog Di SERP Google", ada baiknya kita mengetahui tentang judul diatas terlebih dahulu guna mengontrol posisi artikel yang ada di blog kita masing-masing.

SERP Checker atau biasa dikenal dengan mengecek posisi artikel di Search Engine Resul Page ini memang sudah banyak diketahui oleh para blogger tapi, ada juga sebagian blogger yang belum mengetahuinya.

Disini saya akan memberikan salah satu Tools Cek SERP andalan saya untuk memantau dan mengontrol semua artikel blog saya sebagaimana tampil di penelusuran GoogLe.com yang mungkin berguna bagi sobat semua.

LALU, TOOLS APAKAH YANG AKAN KITA GUNAKAN....??

Apabila melihat kembali judul diatas atau judul post ini, sobat pasti melihat kata "Baru" yang saya sisipkan dalam judul tersebut. Tapi, sejujurnya ini adalah tools yang sudah cukup lama ada tapi banyak orang yang belum mengetahuinya.

SERP Checker itulah namanya. Tools gratis yang disediakan khusus untuk memantau ranking keyword di google ini memang cukup bermanfaat bagi kita para blogger. Tools ini dibuat oleh situs yang beralamat "WhatsMySERP.com sejak beberapa tahun silam dan tools saya rekomendasikan kepada anda.

  • Mengapa Bisa Begitu...?

Yang membuat saya merekomendasikan kepada sobat karena tools ini memanglah cukup tepat sasaran saat kita melakukan pengecekan Keyword. Hasil yang ditampilkan sama dengan yang ada di Google. Apabila hasil meleset, itu hanya terpaut sedikit saja dari posisi asli. Tapi, sobat harus mengetahui tentang kelebihan dari alat ini. Dibawah ini adalah kelebihannya.

  • Bisa Cek Banyak Keyword
  • Menampilkan Kompetisi Domain
  • Bisa Memilih Banyak Google
  • Bisa Menampilkan Sampai 300 Hasil
  • Menampilkan Hasil Yang Cukup Relevan

Itulah kelebihan tools atau alat cek SERP tersebut. Ini tentunya akan sangat memudahkan kita melihat persaingan dengan keyword tertentu. Dibawah ini ada sedikit penjelasan mengenai kelebihannya.

1. Bisa Cek Banyak Keyword

Inilah salah satu keutungan yang terdapat dalam tools tersebut. Kita bisa melakukan pengecekan dengan banyak keyword secara bersamaan. Selain itu, kita juga bisa menambahkan "Kolom Baru" apabila kita ingin mengecek banyak artikel.

2. Menampilkan Kompetisi Domain.

Maksud dari menampilkan kompetisi domain adalah kita bisa melihat persaingan antar domain dengan keyword tertentu karena sudah tersedia 3 kolom kompetisi domain disana. Sedangkan URL untuk blog kita sudah tersedia kolom sendiri. Jadi total kolom ada 4. Satu kolom untuk kita dan tiga kolom untuk kompetisi domain.

Ini akan memudahkan sobat untuk melihat persaingan di hasil penelusuran. Biasanya ini sering saya gunakan untuk memantau posisi dengan tingkat persaingan yang cukup ketat seperti salah satu keyword pada artikel blog yang telah saya pendekan menjadi ; Anchor Text Berkualitas.

Alhasil, sampai posting ini diterbitkan, posisi artikel tersebut terus merangkak naik dari urutan 63 pada minggu lalu dan hari ini berhasil mencapai urutan 2 (Bisa Berubah Kapan Saja) tepatnya dibawah posting dari blog terkeren yaitu "strukturkode.blogspot.com" versi google indonesia.

3. Bisa Memilih Banyak Google

Nah, inilah keuntungan paling mantep dimana kita bisa memilih banyak jenis google. Jenis yang tersedia adalah mulai dari Global sampai Lokal. Apakah sobat mengetahui tentang ini, bagi yang belum lihat bacaan dibawah.

Maksud dari banyak Google adalah kita bisa memilih jenis google baik itu Global (Google.com) maupun Google Lokal Contohnya (Google.co.id) dimana seperti yang kita ketahui, akan ada sedikit Perbedaan Google.com dan Google.co.id dalam hal penelusuran.

4. Bisa Menampilkan Sampai 300 Hasil.

Ini juga merupakan keunggulan toools yang dibuat oleh WhatsMySERP dimana kita bisa melihat sampai 300 hasil pengecekan keyword. Ini memang hal yang cukup bagus dimana kita bisa memantau posisi URL Blog kita dengan keyword tertentu sampai 30 halaman google SERP.

5. Menampilkan Hasil Yang Relevan.

Keunggulan yang tidak kalah penting ialah hasil dari pengecekan di WhatsMySERP dan di hasil penelusuran SE google. Seperti yang saya katakan diatas tadi, alat pengecek posisi posting ini memanglah menampilkan hasil yang cukup relevan dimana hasil tersebut sama dengan yang ada di SE.

Apabila result yang ditampilkan oleh tools ini saat anda mengeceknya, maka itulah posisi artikel yang ada di google. Jikapun ada perbedaan, itu mungkin sangatlah tidak jauh selisih dari result dari tool tersebut.

  • Penting :Hasil dari pengecekan tidak selalu sama dengan yang ada di Google tapi saya yakin sekitar 85% hasil tersebut sama dengan yang ada di SERP

Itulah setidaknya 5 keunggulan yang membuat saya merekomendasikan kepada sobat blogger semuanya. Ini tentu tidak wajib untuk anda karena ini merupakan saran saya saja.

Apabila anda tertarik untuk mencobanya, caranya cukup mudah dan bisa dilakukan melalui HP baik Java, Anroid, dan lain-lain. Untuk itu, dibawah ini ada sedikit tutorial bergambar tentang cara cek posisi serp google.

  • Warning : Anda bisa mengklik gambar untuk memperbesar dan memperjelas hasil dari gambar tersebut.

CARA CEK POSISI ARTIKEL DI SERP GOOGLE MENGGUNAKAN TOOLS GRATIS

A. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengunjungi penyedia layanan Tools gratis tersebut. Bagi sobat, silahkan kunjungi lamat disamping : SERP Chacker.

Dengan mengunjunginya, sobat akan melihat tampilan seperti dibawah ini.

CARA CEK POSISI ARTIKEL DI SERP GOOGLE

Lihat gambar diatas, apakah sobat melihat tanda panah berwarna Merah dan biru...?

Seperti yang saya katakan diatas tadi ada sekitar 4 kolom yang tersedia. Untuk panah mengarah keatas itu di isi dengan Domain blog anda dan dibawah diisi dengan domain orang lain (terserah sobat).

B. Langkah selanjutnya untuk pengguna Operamini bisa menggeser sedikit kekanan dan akan ada tampilan seperti gambar dibawah ini.

CARA CEK POSISI ARTIKEL DI SERP GOOGLE

Jika panah keatas yang ada tulisan "Region", itulah yang saya maksudkan dengan Memilih Banyak Google dan sobat bisa memilih Google.co.id (Indonesia) karena penelusuran kita otomatis ke Google Indo.

Lihat panah yang menunjuk kebawah itu sama dengan yang tad (Kompetisi Domain)

C. Selanjutnya anda bisa bergeser ke sebelah kiri lagi tepatnya dibawah "Kompetisi Domian" tadi untuk memasukan keyword. Lihat gambar dibawah.

CARA CEK POSISI ARTIKEL DI SERP GOOGLE

Nah, apabila anda melihat panah merah di bagian kiri gambar, ada banyak kolom yang ada dan disitulah tempat kita memasukan keyword yang ingin kita cek.

D. Apakah sobat sudah mengerti sampai di langkah bagian C. Jika sudah mengerti, geser tombol sehingga layar mengarah ke bagian bawah tempat sobat menulis keyword tadi.

Cari dan Klik tombol button yang bertuliskan : Check All Keywords. Lalu akan ada hasil dari kata kunci yang kita tuliskan tadi seperti gambar dibawah ini.

CARA CEK POSISI ARTIKEL DI SERP GOOGLE

Lihatlah hasilnya, anda akan melihat juga tampilan seperti diatas dimana itulah Result dari kata kunci yang sobat ketik dikolom keyword. Apabila tulisan berwarna Merah itu merupakan Domain kompetisi yang sobat isikan dengan URL blog orang lain.

Sedangkan domain blog sobat itu akan berwarna Biru apabila masuk salah satu dari 300 hasil diatas.

Apabila tidak ada yang berwarna biru, maka blog sobat tidak ada dalam halis yang ditampilkan sampai 300 URL diatas dan akan tertulis seperti dibawah ini.

CARA CEK POSISI ARTIKEL DI SERP GOOGLE

Lihat panah biru yang ada di bagian kanan. Seperti yang saya katakan tadi bahwa apabila blog tidak ada di urutan 300 maka akan ada tlisan seperti ini.

  • Perhatian : Jangan sampai sobat "Salah Mengetik Domain" saat melihat kolom pengisian URL blog sobat karena ini juga menjadi salah satu penyebab tidak adanya hasil sampai 300 URL

Nah, itulah sedikit tutorial bergambar mengenai artikel berjudul "Cara Cek Posisi Artikel di SERP Google" yang mungkin bermanfaat untuk sobat semua.

Jangan heran sob apabila URL tidak ada di hasil tersebut dengan keyword yang ketat dan persaingan yang cukup kuat karena artikel blog saya yang satunya juga banyak yang tidak ditemukan hasilnya.

Mengkin untuk artikel selanjutnya saya kana membahas mengenai "Apa Itu SERP - Pengertian SERP" dan jika berkesempatan, saya juga ingin mengupdate artikel seperti yang dikatakan pada awal paragraf diatas yaitu tentang "Cara Meningkatkan atau Menaikan Posisi Artikel di SERP Google" yang mungkin bisa anda baca dilain waktu.

Maka dari itu, Ikuti Upate terbaru dari blog ini. Terimakasih dan Salam Kompak.

2 Responses to "BARU : Cara Cek Posisi Artikel di SERP Google"

  1. Waow. Aku sudah berapa kali mencoba tapi tetap gagal pak..
    Aku Udah Bosen Dengan Yang Namanya "SEO" :v :(

    BalasHapus
  2. thx infonya gan
    blogwalking ya gan www.sundulclub.com

    BalasHapus